Sabtu, 27 Agustus 2011

Penyebab Terjadinya Pesan NTLDR is Missing Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Terjadinya Pesan NTLDR is Missing Dan Cara Mengatasinya

NTLDR is Missing
  
   Pada postingan kali ini saya akan berbagi info kepada rekan – rekan semua, tentang penyebab terjadinya pesan NTLDR is Missing dan cara mengatasinya. Pesan NTLDR is missing  biasanya tampil setelah komputer baru saja dihidupkan, terjadi setelah proses Power On Self Test (POST) selesai.

   Ada beberapa jenis pesan yang di tampilkan oleh Windows  yang terkait dengan NTLDR is missing contoh seperti dibawah ini :

1. NTLDR is missing Press any key to restart

2. NTLDR is missing Press Ctrl Alt Del to restart

3. Boot: Couldn’t find NTLDR Please insert another disk

Penyebab terjadinya NTLDR is missing :
 

1. Alasan paling umum untuk kesalahan ini adalah ketika PC Anda sedang mencoba untuk boot dari hard drive yang tidak dikonfigurasi untuk boot, seperti dari hard disk external dan flash disk. Dalam kata lain mencoba untuk boot dari sumber non-bootable. Hal ini juga akan berlaku untuk media optical drive atau floppy drive yang anda coba sebagai sumber boot.

2. Adanya file windows yang korup/rusak atau hilang, terjadinya bad sektor pada hard disk, upgrade sistem operasi dan rusak atau longgarnya kabel IDE/SATA pada hard disk.

Cara mengatasi NTLDR is missing :
 

1. Coba restart PC anda, terkadang NTLDR is missing bisa saja terjadi karena kebetulan. 

2. Periksa drive optik (CD / DVD Room), dan lepaskan kabelnya untuk sementara.

3. Lepaskan juga semua drive eksternal anda lalu restart lagi komputer. Sering kali, NTLDR is Missing muncul jika PC anda sedang mencoba boot dari non-bootable seperti dari drive optik, floppy drive, hard disk eksternal dan flash disk. Jadi saya saran untuk settingan boot pada BIOS urutannya sebagai berikut : Hard disk -> Drive optik  (CD/DVD Room) -> Flash disk. Sehingga bootnya langsung mengacu pada hard disk internal.

4. Periksa hard disk dan pengaturan drive lain dalam BIOS dan pastikan mereka sudah benar. Konfigurasi BIOS memberitahu anda bila ada pengaturan drive yang tidak benar yang dapat menyebabkan masalah. Catatan: Biasanya ada Auto setting untuk konfigurasi hard disk dan optical drive di BIOS yang biasanya merupakan pilihan aman jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan.

5. Buka dan pasang kembali semua kabel data internal dan kabel power hard disk. Pesan NTLDR is missing bisa disebabkan oleh longgar atau rusaknya kabel IDE/SATA. Cobalah mengganti kabel-kabel IDE/SATA tersebut,  jika Anda yakin penyebab kerusakan berasal dari kabel – kabel tersebut.

6. Lakukan repair instalasi Windows XP. Jenis instalasi ini bertujuan memperbaiki setiap file Windows yang hilang atau rusak dan biasanya file yang rusak atau hilang tersebut adalah file NTLDR dan ntdetect.com. Untuk mengembalikan dua file sistem yang penting tersebut anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut : 

- Set boot BIOS anda menjadi  Drive optik  (CD/DVD Room) -> Hard disk -> Flash disk
- Masukan CD Installer Windows XP anda dan restart komputer anda

- Tekan sembarang tombol ketika pilihan press any key to boot from CD, sehingga komputer akan booting dari CD, sehingga akan muncul 3 pilihan yaitu : Setup, Repair dan Quit

- Tekan huruf “R” pada keyboard anda untuk masuk ke Repair command line.

- Apabila ditanyakan system mana yang mau anda perbaiki tekan pada pilihan nomor “1” dan Enter.

- Nanti anda akan ditanyakan password Administrator komputer anda silahkan di isi dan enter. Pasword administrator adalah pasword yang  anda gunakan untuk login ke windows. Bila anda tidak menggunakan password langsung saja tekan Enter.

- Setelah itu silahkan copy NTLDR dan NTDETECT.COM dari CD  installer anda. Sebelumnya pastikan dulu apa nama Drive optik  (CD/DVD Room)  anda. Misalnya hardisk anda dipartisi menjadi 3 bagian (C, D, E), maka Drive optik  adalah F. Tetapi bila hardisk anda dipartisi menjadi 2 bagian saja (C, D), maka Drive optik  adalah E.

- Kemudian anda ketikan Copy E:\i386\NTLDR C:\ dan Copy E:\i386\NTDETECT.COM C:\

- Bila berhasil, Restart komputer anda lalu masuk BIOS,
Set boot BIOS anda menjadi Hard disk -> Drive optik  (CD/DVD Room) -> Flash disk  


6.  Jika sampai pada langkah ke 5 masalah tidak juga selesai, lakukan instal ulang total Windows XP. Jenis instalasi ini akan menghapus Windows XP dari PC Anda dan menginstal lagi dari awal.

7. Jika semua langkah diatas gagal, termasuk instal ulang total Windows Xp dari langkah terakhir, kemungkinan besar masalah kerusakan yaitu hard disk Anda. Saya sarankan anda menggantinya dengan yang baru.

Catatan:  Pesan NTLDR is missing ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows XP, termasuk Windows XP Professional dan Windows XP Home Edition. Windows 7 dan Windows Vista tidak menggunakan NTLDR.




Baca Juga Artikel Lainnya : 

  1. Cara mengatasi CD/DVD Room Yang Tidak Dapat Terbuka
  2. 20 Permasalahan Yang Biasa Terjadi Pada Periperal Berserta Solusinya 
  3. Cara Megetahui Informasi Mengenai Perangkat Keras yang Terdapat Pada Komputer  
  4. 5 Penyebab Kerusakan Pada Hard Disk
  5. 7 Cara Mengatasi Kinerja Hard Disk yang Lambat


2 komentar: