Jumat, 22 Juli 2011

7 Cara Mengatasi Kinerja Hard Disk yang Lambat




7 Cara Mengatasi Kinerja Hard Disk yang Lambat


Pada postingan kali ini saya akan berbagi info kepada rekan – rekan semua tentang cara mengatasi kinerja hard disk yang lambat. Banyak faktor  yang dapat mengakibatkan lambatnya kinerja dari suatu harddisk antara lain kurangnya melakukan perawatan (maintenance), faktor suhu dan kerusakan yang terdapat pada harddisk (bad sector) baik secara fisik maupun logika. berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan kinerja hard disk anda agar tidak lambat :


1.      Jalankan Disk Defragmenter untuk merapikan data dalam track dan sektor pada piringan harddisk. Lakukan Disk Defragmenter minimal sebulan sekali atau bila software tersebut meminta anda untuk melakukan Disk Defragmenter agar semua data anda tertata rapi dan lebih mudah untuk di akses (software ini fasilitas dari operating sistem windows). Berikut ini langkah untuk menjalankan fasilitas Disk Defragmenter Klik tombol Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter.

2.      Jalankan Disk Cleanup untuk membersihkan harddisk dari sampah – sampah seperti Downloaded Program Files, Temporary Internet Files, Recycle Bin, Temporary Files, Thumbnails dan lainnya. Lakukan Disk Cleanup setiap anda menjalankan komputer agar kinerja harddisk lebih cepat dan lebih mudah di akses (software ini fasilitas dari operating sistem windows). Berikut ini langkah untuk menjalankan fasilitas Disk Cleanup Klik tombol Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Cleanup.

3.   Jalankan Error – Checking untuk memeriksa dan memperbaiki bad sector pada piringan harddisk. Lakukan Error – Checking minimal sebulan sekali untuk memeriksa dan memperbaiki piringan harddisk anda bila terjadi bad sector. Tetapi fasilitas Error – Checking ini hanya bisa memperbaiki bad sector yang terjadi karena kesalahan membaca data pada sector/logika (software ini fasilitas dari operating sistem windows). Berikut ini langkah untuk menjalankan fasilitas Error – Checking  Klik tombol Start -> Computer -> Lalu Klik kanan properties pada drive yang ingin di cek -> Pilih Tab Tools dan klik Check Now.

4.  Lakukan scaning virus pada harddisk. Lakukanlah scaning untuk memeriksa ada tidaknya virus dalam harddisk anda karena virus dapat menyebabkan lambatnya kinerja harddisk dan selalu update antivirus anda untuk mendapatkan varian virus terbaru sesuai dengan produk antivirus yang anda gunakan.

5. Lakukan pemeriksaan kabel data dan kabel power supply pada harddisk. Lakukanlah pemeriksaan pada kabel data dan kabel power supply harddisk, bila ditemukan kabelnya kendur maka anda harus mengencangkannya dan bila ditemukan kabelnya telah usang maka anda harus menggantinya dengan yang baru karena dapat mempengaruhi kecepatan dan kinerja harddisk.

6.   Perhatikan kapasitas harddisk. Bila kapasitas suatu harddisk hampir penuh, maka akan menyebabkan lambatnya kinerja harddisk bahkan bisa menyebabkan komputer menjadi hang, untuk itu anda harus menghapus dan Uninstall program – program dan data – data yang dirasa sudah tidak anda butuhkan lagi.

7.  Perhatikan suhu harddisk. Bila suhu harddisk panasnya terlalu tinggi, maka akan menyebabkan lambatnya kinerja harddisk karena kecepatan pembacaan data pada harddisk akan berkurang. Untuk itu anda harus membersihkan sirkulasi udara di dalam CPU dari debu agar pertukaran udara menjadi lancar. Bila perlu gunakan Fan Cooler untuk harddisk agar suhu harddisk tidak terlalu panas.


6 komentar:

  1. makasih mass infonya..
    Daftar Web yang menyediakan info seputar bola,
    prediksi bola ter-update..
    berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA ada di pastibet.com , bola368.com , bola368.net , bola368.org
    Buruan Gabung..!!

    BalasHapus
  2. mkasih infonya gan

    BalasHapus
  3. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    BalasHapus
  4. Makasih ya untuk informasinya.
    Sangat bermanfaat sekali.

    Kunjungan balik ya ke tulisan terbaru saya di Trik Membuat Hardisk Eksternal dari Hardisk Internal atau https://www.agres.id

    BalasHapus